Tesis S2 PPs Undiksha 2012
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN SIKAP ILMIAH
SISWA
Oleh
Alit Antara, I
Pande Putu
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis
perbedaan: (1) penguasaan
konsep kimia
dan sikap ilmiah antara siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran konvensional, (2) penguasaan konsep kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran konvensional, (3) sikap ilmiah
antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa
yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
konvensional.
Populasi dari penelitian
eksperimen semu berdesain post test only non equivalent control group design ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2012/2013
yang berjumlah 96 orang dan terbagi menjadi tiga
rombongan belajar. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling terhadap kelas yang
sudah disetarakan. Sampel yang terpilih adalah Kelas XI IPA.1
sebagai kelompok eksperimen yang dikenai perlakuan dibelajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan Kelas XI IPA.2
sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan
pada akhir perlakuan untuk selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif
dan inferensial. Analisis dengan statistik inferensial menggunakan
analisis multi analisis of varians
(MANOVA)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penguasaan konsep kimia dan sikap ilmiah siswa yang
mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dengan siswa
yang mengikuti model pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan oleh uji
multivariat bahwa harga F untuk Pillai’s
Trace = 0,627; Wilks’ Lambda =
0,373; Hotelling’s Trace = 1,681; Roy’s Largest Root = 1,681 dengan nilai
signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. (2) penguasaan konsep kimia siswa yang
mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dengan siswa
yang mengikuti model pembelajaran konvensional hal ini dibuktikan oleh uji
pengaruh antar subjek, pada variabel penguasaan konsep kimia, nilai F = 49,353
dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. (3) sikap ilmiah siswa
yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dengan
siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional hal ini dibuktikan oleh
uji pengaruh antar subjek, pada variabel sikap ilmiah siswa, nilai F = 66,295
dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05.
Berdasarkan pada temuan-temuan tersebut di
atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap penguasaan konsep kimia dan sikap
ilmiah siswa terutama untuk siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarangkan.
Kata-kata
Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa.
THE EFFECT OF COOPERATIVE TYPE JIGSAW MODEL TEACHING
TOWARD THE MASTERY OF CHEMISTRY CONCEPT AND
STUDENT’S SCIENTIFIC ATTITUDES
By
Alit Antara, I Pande Putu
ABSTRACT
The aim
of the research was to describe and
analysis the difference of: (1) the mastery of
chemistry concept and scientific attitude between student’s who learned by cooperative type
Jigsaw model teaching with student’s who learned by Konvensional
model teaching, (2) the mastery of
chemistry concept between student’s who learned by cooperative type Jigsaw model teaching with student’s who
learned by Konvensional model teaching, (3)
scientific attitude between student’s who learned by cooperative type
Jigsaw model teaching with student’s who learned by Konvensional
model teaching.
Population
of this quasi
experiment with
post test only non equivalent
control group design research was in class XI IPA student’s of SMAN 1
Banjarangkan 2012/2013 school year which consist of 96 person
and divided into three classes. Sample
of the research determined by random sampling technique towards already matched
class. The sample that has been choosen was class XI IPA.1
as experiment group which was
learned using cooperative type Jigsaw model teaching, and class XI
IPA.2 as control
group which was learned using Konvensional
model teaching. Data was taken in the end
of treatment for analyzed with descriptive and inferential statistic.
Analyzed with inferential
statistic by analysis multi analisis of varians (MANOVA).
The results obtained
in this research shows that : (1) the mastery of chemistry concept and
scientific attitude student’s who learned through cooperative type Jigsaw model
teaching was higher than that of those who learned Konvensional model teaching, it was proved by multivariat test that value F for Pillai’s Trace = 0.627; Wilks’ Lambda = 0.373; Hotelling’s Trace = 1.681; Roy’s Largest Root = 1.681 with value of
significance was smaller from 0.05. (2) the mastery of chemistry concept who
learned through cooperative type Jigsaw model teaching was higher than that of
those who learned Konvensional model teaching, it was
proved by the subject effect test, on the
mastery of chemistry concept variable,
value F = 49.353 with value of significance was smaller from 0.05. (3)
scientific attitude student’s who learned through cooperative type Jigsaw model
teaching was better than that of those who learned Konvensional model teaching, it was proved by the subject effect test, on the scientific attitude student’s variable, value F = 66.295 with value of significance
was smaller from 0.05.
Based on the
findings of the study, it could be concluded that cooperative type Jigsaw model
teaching have reasonably high effect on the mastery of chemistry concept and
scientific attitude student’s particularly for the student’s of class XI IPA of
SMA Negeri 1 Banjarangkan.
Key words: Cooperative type Jigsaw Model Teaching, The Mastery of
Chemistry Concept,
and Student’s Scientific
Attitude.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda