Sabtu, 09 Maret 2013

Tesis S2 PPs Undiksha 2012


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN SIKAP ILMIAH SISWA

Oleh
Alit Antara, I Pande Putu

ABSTRAK

     Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perbedaan: (1) penguasaan konsep kimia dan sikap ilmiah antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) penguasaan konsep kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (3) sikap ilmiah antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
     Populasi dari penelitian eksperimen semu berdesain post test only non equivalent control group design  ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 96 orang dan terbagi menjadi tiga rombongan belajar. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling terhadap kelas yang sudah disetarakan. Sampel yang terpilih adalah Kelas XI IPA.1 sebagai kelompok eksperimen yang dikenai perlakuan dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan Kelas XI IPA.2 sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan pada akhir perlakuan untuk selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Analisis dengan statistik inferensial menggunakan analisis multi analisis of varians (MANOVA)
     Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penguasaan konsep kimia dan sikap ilmiah siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan oleh uji multivariat bahwa harga F untuk Pillai’s Trace = 0,627; Wilks’ Lambda = 0,373; Hotelling’s Trace = 1,681; Roy’s Largest Root = 1,681 dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. (2) penguasaan konsep kimia siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional hal ini dibuktikan oleh uji pengaruh antar subjek, pada variabel penguasaan konsep kimia, nilai F = 49,353 dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. (3) sikap ilmiah siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional hal ini dibuktikan oleh uji pengaruh antar subjek, pada variabel sikap ilmiah siswa, nilai F = 66,295 dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05.
     Berdasarkan pada temuan-temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap penguasaan konsep kimia dan sikap ilmiah siswa terutama untuk siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarangkan.

Kata-kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa.



THE EFFECT OF COOPERATIVE TYPE JIGSAW MODEL TEACHING TOWARD THE MASTERY OF CHEMISTRY CONCEPT AND
STUDENT’S SCIENTIFIC ATTITUDES

 By
Alit Antara, I Pande Putu

ABSTRACT

     The aim of the research was to describe and analysis the difference of: (1)  the mastery of chemistry concept and scientific attitude between student’s who learned by cooperative type Jigsaw model teaching with student’s who learned by Konvensional model teaching, (2)  the mastery of chemistry concept between student’s who learned by cooperative type Jigsaw model teaching with student’s who learned by Konvensional model teaching, (3) scientific attitude between student’s who learned by cooperative type Jigsaw model teaching with student’s who learned by Konvensional model teaching.
     Population of this quasi experiment with post test only non equivalent control group design research was in class XI IPA student’s of SMAN 1 Banjarangkan 2012/2013 school year which consist of 96 person and divided into three classes. Sample of the research determined by random sampling technique towards already matched class. The sample that has been choosen was class XI IPA.1 as experiment group which was learned using cooperative type Jigsaw model teaching, and class XI IPA.2 as control group which was learned using Konvensional model teaching. Data was taken in the end of treatment for analyzed with descriptive and inferential statistic. Analyzed with inferential statistic by analysis multi analisis of varians (MANOVA).
     The results obtained in this research shows that : (1) the mastery of chemistry concept and scientific attitude student’s who learned through cooperative type Jigsaw model teaching was higher than that of those who learned Konvensional model teaching, it was proved by multivariat test that value F for Pillai’s Trace = 0.627; Wilks’ Lambda = 0.373; Hotelling’s Trace = 1.681; Roy’s Largest Root = 1.681 with value of significance was smaller from 0.05. (2) the mastery of chemistry concept who learned through cooperative type Jigsaw model teaching was higher than that of those who learned Konvensional model teaching, it was proved by the subject effect test, on  the mastery of chemistry concept variable,  value F = 49.353 with value of significance was smaller from 0.05. (3) scientific attitude student’s who learned through cooperative type Jigsaw model teaching was better than that of those who learned Konvensional model teaching, it was proved by the subject effect test, on  the scientific attitude student’s variable,  value F = 66.295 with value of significance was smaller from 0.05.
     Based on the findings of the study, it could be concluded that cooperative type Jigsaw model teaching have reasonably high effect on the mastery of chemistry concept and scientific attitude student’s particularly for the student’s of class XI IPA of SMA Negeri 1 Banjarangkan.

Key words: Cooperative type Jigsaw Model Teaching, The Mastery of Chemistry Concept, and Students Scientific Attitude.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda