Artikel PTK Undiksha Tahun 2011
KOLABORASI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA WANA
BERSEKAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS
PEMBELAJARAN KIMIA
I
Pande Putu Alit Antara
SMA
Negeri 1 Banjarangkan, Klungkung - Bali
Abstrak
Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan
aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan ini, dalam
penelitian ini dikembangkan suatu model pembelajaran yaitu kolaborasi penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams
Games Tournaments) dengan penggunaan alat peraga Wana Bersekar. Keunggulan
model pembelajaran yang diterapkan adalah mampu meningkatkan kerjasama kelompok
dan keterampilan sosial siswa. Dengan model pembelajaran ini diharapkan terjadi
tindakan saling membantu antara siswa yang kemampuannya tinggi dengan siswa
yang kemampuannya rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII
IPA SMAN 1 Banjarangkan semester 2 tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 44
orang, dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas, motivasi, hasil belajar
dan pendapat siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa tergolong tinggi, yaitu pada siklus 1
dengan skor rata-rata 3,55 sedangkan pada siklus 2 juga tinggi dengan skor
rata-rata 3,69 mengalami peningkatan 0,14. Motivasi belajar siswa tergolong
tinggi, yaitu pada siklus 1 dengan skor rata-rata 3,89 sedangkan pada siklus 2
juga tinggi dengan skor rata-rata 3,93 mengalami peningkatan 0,04. Hasil
belajar yang dicapai tergolong baik, yaitu pada siklus 1 dengan skor rata-rata
76,39 dengan ketuntasan belajar 84,10 % sedangkan pada siklus 2 dengan skor
rata-rata 80,75 dengan ketuntasan 100%. Skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami
peningkatan 4,36 sedangkan ketuntasannya meningkat 15,90 %. Pendapat siswa
mengenai model pembelajaran yang diterapkan tergolong baik, yaitu pada siklus 1
dengan skor rata-rata 3,85 sedangkan pada siklus 2 dengan skor rata-rata 3,90
mengalami peningkatan 0,04 dan sebagian
besar menyatakan setuju dan mengharap model pembelajaran seperti ini dapat
diterapkan pada konsep-konsep kimia yang lain. Hal menarik dan cukup
menakjubkan yang didapat dari penerapan model pembelajaran seperti ini adalah
tingginya kegairahan siswa dalam belajar dan keberanian siswa dalam
mengemukakan pendapatnya.
Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe TGT, alat peraga wana
bersekar, kualitas pembelajaran kimia
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda