Sabtu, 09 Maret 2013

Alat Uji Efek Tyndall


Alat Uji Efek Tyndall Arah Cahaya Horizontal - Vertikal
a.      Fungsi dan Prinsip Kerja Alat
Fungsi alat peraga : Untuk memperjelas cahaya yang dilewatkan pada sistem koloid dan larutan sehingga siswa dapat mengamati cahaya yang diteruskan dan yang dihamburkan. Prinsip kerja alat : jika seberkas cahaya berada dalam ruang gelap, maka cahaya akan terlihat lebih terang, jika cahaya ini dilewatkan pada larutan sejati atau pada sistem koloid, maka cahaya akan diteruskan dan yang dihamburkan terlihat dengan jelas.

b.      Desain Alat               


c.       Alat dan Bahan
(1)   Papan alas bawah, bagian tengah  dan tutup kotak dengan ukuran 12,5 cm x 40 cm x  tebal 1,5 cm sebanyak 3 buah.
(2)   3 buah papan berukuran 12,5 x 9,5 cm, untuk tutup bagian kiri, kanan dan tengah pada kotak bagian atas.
(3)   2 buah papan berukuran 13 x 9,5 cm, untuk tutup bagian kiri dan kanan pada kotak bagian bawah. 
(4)   Gergaji, Penggaris /meteran, paku, palu, cat hitam, cat putih, cat merah muda, kuas, empat buah bola lampu kecil, baut, dua buah saklar, colokan/steker, pegangan dari aluminium, gerendel, engsel dan gembok serta kabel secukupnya.

d.      Langkah – langkah Pembuatan Alat
(1)    Siapkan papan alas bawah, sisi kanan dan kiri, dan bagian belakang kemudian di  paku.
(2)    Siapkan papan bagian depan, buatlah 2 lubang pengamatan dengan ukuran 3,5 x 7 cm
(3)    Siapkan bola lampu kecil sebanyak empat buah
(4)    Lubangi 2 papan skat yang memisahkan bagian bawah dengan atas dengan ukuran 1,5 x 2,5 cm untuk lobang cahaya masuk dari lampu bawah.
(5)    Lubangi dua papan dinding kanan dan kiri serta papan bagian belakang untuk dudukan dua bola lampu arah horizontal, sedangkan lampu arah vertikal ditempelkan pada bagian papan bagian bawah dengan cara di baut.
(6)    Sambungkan keempat bola lampu tersebut dengan kabel, kemudian disambungkan ke saklar yang ada di bagian belakang.
(7)    Buatlah dudukan dua saklar di bagian belakang yang dihubungkan dengan kabel, dan diberi steker untuk hubungan ke sumber arus listrik
(8)    Seluruh papan di bagian dalam  dicat hitam sedangkan dibagian luar dicat dengan  cat putih, hitam dan merah muda..
(9)    Susunlah bagian-bagian tersebut dengan cara dipaku.dan rangkaikan listriknya.
(10)     Lakukan uji coba dengan menyalakan sumber cahaya, perhatikan apakah lampu menyala atau tidak dan cahaya bergerak lurus ke dalam ruang gelap.

  1. Cara Menggunakan Alat
(1)   Setelah pembuatan alat selesai, periksa kembali apakah lampu arah horizontal dan vertikal telah menyala dengan baik dengan mencolokkan steker pada sumber arus.
(2) Siapkan bahan (larutan maupun koloid)  dalam 2 buah gelas kimia 250 mL,
(3) Masukan bahan (larutan maupun koloid) melalui tutup bagian atas
(5)   Setelah bahan dimasukan, nyalakan lampu pada arah horizontal, kemudian lampu arah vertikal amati apa yang terjadi.
(6)   Amati perbedaan cahaya yang melewati bahan melalui lobang pengamatan cahaya dan amati hamburan cahaya yang melewati contoh





















Foto - foto alat uji Efek Tyndall


Alat Uji Efek Tyndall dilihat dari depan


Alat uji Efek Tyndall pada saat tutupnya dibuka


Bagian belakang alat uji Efek Tyndall



Alat uji Efek Tyndall dilihat dari atas

2 Komentar:

Pada 22 April 2015 pukul 13.09 , Blogger Unknown mengatakan...

Gambarnya kok gak keliatan ya

 
Pada 1 Juli 2015 pukul 19.40 , Blogger Unknown mengatakan...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini YUSUF ISMAIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI SALEH dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon AKI SALEH di 0853-95881177 Untuk yg di luar indon telefon di +62853-95881177, Atau KLIK DISINI
saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI SALEH saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI Ruslan adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda