Sabtu, 09 Maret 2013

Alat Peraga Senyawa Karbon


Alat Peraga Bermacam-Macam Senyawa Karbon ( ALGA  BERSEKAR )

            Secara umum, alat peraga didefinisikan sebagai benda atau alat-alat yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Jika benda atau alat tersebut digunakan untuk pembelajaran IPA, benda atau alat itu disebut sebagai alat peraga IPA.  Regional Education Centre of Science and Mathematic ( RECSAM ), mengelompokkan alat peraga sebagai berikut :
  1. Alat praktik, adalah suatu alat atau set alat yang digunakan secara langsung untuk membentuk suatu konsep. Contoh alat praktik IPA adalah termometer
  2. Alat peraga, adalah alat yang digunakan untuk membantu memudahkan memahami suatu konsep secara tidak langsung. Yang termasuk ke dalam kelompok ini antara lain : model, carta dan poster.
  3. Alat pendukung, adalah alat yang sifatnya mendukung jalannya percobaan/eksperimen IPA atau kegiatan pembelajaran yang lainnya. Contoh alat yang termasuk kelompok ini adalah pembakar spiritus, papan flanel, papan tulis, OHP, selang, dsb. ( Depdiknas, tanpa tahun : 5 )
Alat peraga bermacam-macam senyawa karbon ( alga bersekar ), menurut penggolongan Rudi Bretz (1971) termasuk kedalam media visual diam. Alat peraga ini dirancang menyerupai bentuk lingkaran yang dapat diputar dengan tangan. Di dalam lingkaran tersebut dituliskan rumus-rumus umum, tata nama, reaksi pembuatan, sifat fisika dan kimia serta kegunaan dari suatu senyawa organik yang nantinya dapat terbaca oleh pemakainya. Dalam menjelaskan konsep senyawa karbon/organik maka dipergunakan alat peraga bermacam-macam senyawa karbon ( alga bersekar ) yang tujuannya untuk memudahkan siswa di dalam memahami konsep-konsep penting di dalam senyawa karbon/organik. Alat peraga bermacam-macam senyawa karbon ( alga bersekar ) rincian pembuatannya sebagai berikut :
Alat peraga ini terdiri dari : dasar lingkaran dengan bahan kertas karton/kertas manila, yang berisi rumus-rumus umum senyawa karbon, contoh tata nama, reaksi pembuatannya, sifat fisika dan kimia serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri, bagian berikutnya terbuat dari kertas karton/kertas manila yang berbentuk lingkaran yang lebih kecil yang berisi tulisan nama senyawa organik, rumus umum, tata nama (IUPAC), reaksi pembuatan, serta sifat dan kegunaan. Kedua kertas lingkaran tersebut disatukan dengan baut dan mur.
Persiapan rancangan pembuatan alat peraga diatas seperti di bawah ini :
Alat yang diperlukan :
1.      Jangka          3. Pisau          5. Penggaris    7. Gergaji
2.      Gunting        4. Spidol        6. Pensil           8. Paku
Bahan yang diperlukan :
1.      Kertas karton /triplek    3. Lem kastol
2.      Kertas manila warna      4. Baut dan mur
Cara pembuatannya sebagai berikut :
1.      Membuat dua gambar lingkaran diatas kertas karton/manila atau triplek dengan diameter yang berbeda ( 32 cm,  dan 30 cm ) dengan menggunakan jangka.
2.      Kemudian kedua gambar lingkaran tersebut dipotong dengan menggunakan gunting atau gergaji
3.      Selanjutnya kedua lingkaran yang terbuat dari kertas karton/manila atau triplek tersebut disketsa dengan menggunakan pensil dan secara permanen menggunakan spidol.
4.      Kedua lingkaran tersebut ditengahnya dilubangi dengan menggunakan paku, supaya bisa dimasuki baut untuk menyatukan kedua lingkaran tersebut.
5.      Lingkaran yang berdiameter 30 cm dibuat sketsa dengan hati-hati, kemudian ada beberapa bagian dari lingkaran tersebut dilubangi dengan menggunakan pisau pada rancangan yang telah ditentukan.
6.      Untuk lebih jelasnya tentang rancangan kedua lingkaran tersebut dapat diperhatikan pada rancangan yang telah dibuat dibawah ini.
Cara penggunaan alat peraga (alga) bersekar, sbb :
1.      Putar lingkaran paling atas, kemudian perhatikan lubang pengamatan pada lingkaran tersebut dengan angka-angka yang terdapat pada lingkaran dibawahnya supaya tepat posisinya.
2.      Kemudian amati dan pahami konsep-konsep yang terdapat pada alat peraga tsb.
3.      Tulis pada lembar kerja agar pemahaman konsep semakin cepat dipahami.
Rancangan Gambar Alat Peraga Bermacam-Macam Senyawa Karbon
Rancangan gambar dasar/alas Alga Bersekar (gambar 1)
Rancangan gambar penutup/muka Alga Bersekar (gambar 2)

 
Rancangan Alga Bersekar setelah penggabungan gambar 1 dan 2
Foto alat peraga bermacam-macam senyawa karbon ( alga bersekar)


1 Komentar:

Pada 1 Juli 2015 pukul 19.40 , Blogger Unknown mengatakan...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini YUSUF ISMAIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI SALEH dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon AKI SALEH di 0853-95881177 Untuk yg di luar indon telefon di +62853-95881177, Atau KLIK DISINI
saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI SALEH saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI Ruslan adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda